PENGENALAN ORGANISASI (PO) USMR 2023/2024


Kegiatan Pengenalan Organisasi (PO) USMR merupakan kegiatan tahunan yang diinisiasi   oleh Departemen Kaderisasi DEMA FK UIN Jakarta sebagai salah satu bentuk alur  kaderisasi mahasiswa baru FK UIN Jakarta. Tujuan diadakannya Pengenalan  Organisasi USMR ini yaitu untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa baru tentang  karakteristik dan kegiatan yang ada USMR  mulai dari Proker atau program kerja, ranah, organisasi yang menaungi, hingga urgensinya masuk organisasi USMR melalui rangkaian acara di pengenalan organisasi dengan harapan  dapat menarik minat mahasiswa untuk bergabung Bersama dalam Tim Bantuan Medis USMR.

Pada tahun ini, kegiatan Pengenalan Organisasi USMR diselenggarakan pada tanggal 23 Desember 2023 di kampus II FK UIN Jakatara dengan tema Ocean dan mengusung judul “MEDITERRANIA : Medical  Emergency and Trauma Rescuer in Incidents and Accidents” pada mahasiswa baru FK UIN Jakarta Angkatan 2023. Kegiatan PO USMR  2023 ini memiliki acara atau kegiatan inti di dalamnya meliputi latihan fisik, latihan skill, talkshow, simulasi bencana alam, dan  visit divisi. 

Kegiatan dimulai dengan sarapan yang didampingi oleh para LO, kemudian pembukaan non formal di lapangan kampus FK UIN Jakarta pada pukul 07:00 WIB oleh MC dan dilanjutkan dengan kegiatan lapangan yaitu latihan fisik dan latihan skill. Latihan fisik meliputi push up, sit up dan lari, ini dilakukan untuk melatih kebugaran tubuh sekaligus merasakan bagaimana menjadi anggota USMR yang melaksanakan latihan fisik rutin. Kemudaian latihan skill, latihan skill merupakan penjelasan materi materi dasar yang harus diketahui dalam tim bantuan medis, mulai dari bidai, triase, evakuasi, dan lain lain. Setelah kegiatan lapangan, kegiatan dilanjukan di Auditorium Prof.MK Tadjudin FK UIN Jakarta untuk pembukan formal, sambutan sambutan mulai dari Ketua Pelaksana, ketua USMR, Ketua DEMA dan diresmikan oleh pembukan dari Dekan FK UIN Jakarta sekaligus Pembina USMR yaitu DR.dr. Achmad Zaki, Sp.OT, FICS, talkshow pengenalan USMR dan PTBMMKI oleh beberapa Aggota Purna dan penayangan teaser. Setelah kegiatan di Auditorium selesai, mahasiswa baru di kagetkan dengan adanya simulasi bencana Tsunami dan melakukan imobolisasi ke lapangan untuk melihat bagaimana TBM USMR dalam menghadapi bencana dan menolong para korban. 

Kegiatan inti terakhir dilakukan setelah mahasiswa baru Istirahat dan persiapan. Kegiatan tersebut yaitu visit divisi dimana setiap divisi menjelaskan program kerja dan mengenalkan anggotanya sekaligus menjalin kedekatan dengan mahasiswa baru. Pada saat visit divisi, mahasiswa dengan kostum masing masing masuk ke ruangan setiap divisi dan bergantian dengan yang lainnya. Setelah visit divisi selesai, Kegiatan Pengenalan Organisasi (PO) USMR tahun 2023 di tutup resmi di auditorium dengan awarding, penayangan video after movie, testimoni dari dokter dan alumni hingga penghujung acara yaitu doa dan penutup. 

Terima kasih kepada seluruh panitia dan petugas yang telah mempersiapan dan menjalankan kegiatan PO USMR ini dengan sangat baik, kami juga mengucapkan kepada pada dokter, anggota paripurna, dan seluruh anggota inti XVII dan XVIII yang sudah hadir dan berpartipasi dalam memeriahkan kegiatan ini. Semoga di pengenalan organisasi USMR berikutnya, kegiatan berjalan lebih baik.


 #USMRSIAP

Pages