BAKTI SOSIAL (BAKSOS) USMR 2023/2024

BAKSOS USMR merupakan program kerja yang dimiliki oleh divisi Operasional USMR dan bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang kesiapsiagaan menghadapi kebakaran, kemudian memberikan bantuan berupa sembako, serta layanan medical check up bagi masyarakat di Kampung Pemulung. Kegiatan Bakti Soisal ini dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Desember 2023 pukul 09.00 sampai selesai. Acara ini dilaksanakan di Kampung Pemulung, Kampung Sawah Lama, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan yang berjarak sekitar 3 KM dari kampus FK UIN Jakarta. Acara dapat berlangsung lancar dan diikuti oleh pada peserta dengan antusias.

Sebelum menuju tempat Bakti Sosial, para panitia berkumpul untuk melakukan persiapan-persiapan untuk menunjang kesuksesan berjalannya acara dan dilakukan briefing oleh ketua pelaksana, ketua USMR, dan kadiv operasional USMR kepada seluruh panitia agar acara dapat berjalan dengan lancar. Sampai ditempat, panitia kemudian mempersiapkan lokasi acara dan membuka registrasi bagi warga Kampung Pemulung. Dibuka dengan pembacaan tilawah, sambutan-sambutan, kemudian pemberian materi sosialisasi. 

Materi yang diberikan pada kegiatan Bakti Sosial ini yaitu mengenai “Kebakaran dan cara menaggulanginya” disampaikan oleh Kak Valiant Zahirul Azmi yang juga merupakan anggota inti XVII USMR Divisi Diklat. Materi yang dibawakan mencakup penyebab, faktor risiko, jenis kebakaran, dan cara-cara penanggulangannya, serta berbagai macam bahan pemadamnya.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu praktik penanggulangan kebakaran oleh Alfiri
Rahman, anggota inti XVIII USMR Divisi Kaderisasi. Pada pratik ini, Alfiri memberikan
tutorial cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dari cara membuka sampai
menyemprotkan APAR ke bagian yang mengalami kebakaran. Kemudian Alfiri memberikan kesempatan kepada warga Kampung Pemulung untuk mempraktikannya secara mandiri tetapi dalam pengawasan.



Kegiatan acara selanjutnya adalah penyuluhan Kesehatan oleh dr. Andika Prasdipta Hidayat yang merupakan anggota purna USMR. Pada kesempatan ini, dr. Andika menjelaskan bagaimana cara penanganan pertama ketika terkena api, seperti ketika menggoreng terkena panasnya api, kemudian terkena api langsung pada kulit, dan sebagainya. Selain memberikan penyuluhan terhadap warga Kampung Pemulung, dr. Andika juga ikut melayani warga melakukan medical check up dan memberikan tata laksana farmakologinya.

Setelah pemberian penyuluhan, acara dilanjutkan dengan medical check up oleh panitia yang bertugas. MCU ini mencakup pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat. Warga Kampung Pemulung sangat antusias dalam mengikuti pemeriksaan MCU ini. Setelah diperiksa, kemudian warga Kampung Pemulung diberikan layanan konsultasi kepada dr. Andika terkait apakah ada keluhan lain tentang Kesehatan mereka.

Kegiatan terakhir pada rangkaian acara ini adalah pemberian sembako bagi warga Kampung Pemulung untuk setiap kepala keluarga. Sembako ini berisi bahan-bahan pokok rumah tangga seperti minyak goreng, beras, dan lain-lain. Mereka harus menunjukkan kupon yang telah diserahkan sebelumnya untuk bisa mengambil sembako tersebut. Alhamdulillah sembako yang dipersiapkan untuk warga tidak kurang dan bisa memberikan manfaat bagi mereka. Kegiatan Bakti Sosial ini berakhir dengan pembacaan do’a dan penutupan oleh panitia yang bertugas. Tidak lupa setelah selesai acara, terdapat sesi foto bersama dan gotong royong untuk membersihkan dan membereskan lokasi acara oleh panitia dan warga Kampung Pemulung.

Harapan dari adanya kegiatan Bakti Sosial ini semoga bisa memberikan manfaat bagi warga Kampung Pemulung dan juga memberikan pengalaman bagi anggota USMR dalam rangka berbagi terhadap sesama, serta memberikan dampak yang baik bagi organisasi, institusi, dan lingkungan sekitar.

USMR SIAP!!!

Pages