DONOR DARAH USMR X DEMA FK UIN JAKARTA 2024

         DONOR DARAH USMR merupakan program kerja yang dimiliki oleh divisi Operasional USMR yang bekerja sama dengan Departemen Kesejahteraan Sosial DEMA FK UIN Jakarta yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan mensosialisasikan donor darah dikalangan mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakat umum serta meningkatkan kepedulian mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan sosial berupa menambah stok persediaan darah di PMI dan rumah sakit. Hal ini dilakukan sebagai wujud pelaksanaan program kerja Divisi Operasional USMR dan Departemen Kesejahteraan Sosial DEMA FK UIN Jakarta. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan 2 hari yaitu pada hari Kamis dan Jum’at, 22-23 Februari 2024 pukul 15.30 sampai selesai. 


    Pada hari Kamis, 22 Februari 2024, rangkaian acara ini dilaksanakan di Auditorium Prof. MK. Tadjudin FK UIN Jakarta. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan pembacaan tilawah, sambutan-sambutan, kemudian pemberian materi. Diantara sambutan yang diberikan oleh wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan, alumni, dan Kerjasama, yang dalam ini diwakilkan oleh DR. dr. Alya Siddiqa, Sp.FK, beliau menyampaikan bahwasannya kegiatan ini sangat baik untuk diikuti dan memiliki dampak yang sangat besar terkait dengan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat umum terhadap manfaat donor darah baik bagi pendonor maupun orang yang sedang membutuhkan darah.

    Dalam kegiatan hari pertama ini terdapat 2 sesi, yaitu yang pertama sesi pemateri yang disampaikan oleh pihak PMI Kota Tangerang Selatan kemudian yang kedua sesi talkshow yang disampaikan oleh Bapak Mahyudin yang merupakan pendonor terbanyak di Indonesia sebanyak 128 kali mendonorkan darah. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Fajar dari PMI Tangerang Selatan, beliau memaparkan banyak manfaat dari donor darah salah satunya adalah dapat mendeteksi penyakit, meningkatkan kesehatan serta produksi sel darah merah didalam tubuh. Selain itu beliau juga mejelaskan syarat-syarat untuk bisa mendonorkan darah, kemudian apa saja yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah donor darah.

    Rangkaian acara selanjutnya adalah sesi talkshow oleh Bapak Mahyudin ditemani dari pihak PMI Tangerang Selatan yang dimoderatori oleh Javan Rijal Rabbani dari Divisi Operasional USMR dan Arija Najwa Zahra dari Departemen Kesejahteraan Sosial DEMA FK UIN Jakarta. Dalam sesi talkshow ini Bapak Mahyudin menceritakan kisah beliau dari awal mulai mendonorkan darah, dimuali saat beliau masih SMA hinga sekarang. Disisi lain, beliau juga mengajak keluarganya untuk mengikuti jejak beliau, alhasil istri dan anaknya juga rajin untuk mendonorkan darahnya. Bahkan beliau sekeluarga juga mendonorkan organ matanya untuk bisa dimanfaatkan bagi yang membutuhkan kelak dimasa yang akan datang.

    Padar hari kedua, Jum’at, 23 Februari 2024, kegiatan donor darah dilaksanakan di Clinical Simulation Unit Gedung B FK UIN Jakarta. Antusiasme pendonor sangat besar mulai dari civitas akademika, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Alur dari peserta donor darah dimulai dengan registrasi kemudian peserta mengisi data-data yang dibutuhkan oleh PMI bagi pendonor, kemudian menunggu antrian untuk dipanggil panitia. Setelah mengumpulkan data, peserta kemudian menuju tes kesehatan untuk diobservasi apakah peserta tersebut layak untuk mendonorkan darah atau tidak.

    Didalam ruang observasi, peserta di cek mulai dari tekanan darah, waktu tidur, dan lain-lain. Setelah dinyatakan layak untuk mendonorkan darahnya, peserta donor darah kemudian menunggu panggilan menuju ruang donor darah dan masuk setelah mendapat panggilan. Di ruang tersebut terdapat beberapa tempat tidur untuk pendonor dengan setiap tempat tidur terdapat petugas dari PMI Tangerang Selatan. Peserta yang sudah mendonorkan darah mendapatkan awarding dari pihak PMI Kota Tangerang Selatan beruap bingkisan yang berisi susu, vitamin, dan lain-lain.


    Dari total 62 peserta yang mendaftar, 25 yang erhasil mendonorkan darahnya. Hal ini merupakan suatu progress yang cukup baik dalam rangka mewujudkan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, program ini juga meningkatkan antusiasme mahasiswa untuk berani melakukan hal baru yang berbuah kebaikan terhadap sesama.

    Harapan dari adanya kegiatan Donor Darah ini semoga dapat memberikan dampak yang baik dan bermanfaat bagi PMI Kota Tangerang Selatan, rumah sakit, dan pasien-pasien yang sedang membutuhkan darah. Disisi lain juga memnerikan pengalaman baru bagi anggota USMR dan DEMA FK UIN Jakarta dalam rangka kegiatan kemanusiaan serta mewujudkan hal baik bagi organisasi dan insitusi.

USMR SIAP!!

Pages