PENDIDIKAN BERJENJANG (DIKJANG) USMR 2023/2024




Pada bulan Oktober 2023, USMR melaksanakan “DIKJANG” atau “Pendidikan Berjenjang” sebagai salah satu pendidikan wajib bagi para angti USMR yang telah mengikuti Pendidikan Dasar (DIKDAS) dan Pendidikan Lanjutan (DIKJUT) sebelumnya. Tujuan diadakannya DIKJANG ini agar dapat menambah pengetahuan angti USMR mengenai penanganan kegawatdaruratan medis sebagai klinisi rumah sakit, pertolongan pertama luka bakar dan pengobatannya, serta melatih kemampuan basic surgical skill. Penyampaian materi pendidikan terbagi menjadi 2, yakni penyampaian materi dan praktek dari materi tersebut. 


Penyampaian materi berlangsung selama 4 hari, masing-masing di tanggal 9, 12, 13, dan 18 Oktober 2023. Hari pertama, acara dibuka dengan doa pembukaan oleh MC Farid (angti XVIII) dan Tina (angti XVIII), dilanjutkan dengan pelantunan ayat suci Al-Quran dari Sari tilawah oleh Fawwaaz (angti XVIII) dan Farah (angti XVIII). Setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PTBMMKI bersama-sama. Kemudian penyampaian sambutan-sambutan oleh ketua pelaksana Naila Zahra (angti XVIII), Ketua Umum USMR Muhammad Faiza Ma’ruf (angti XVII), Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama drg. Laifa Annisa Hendarmin, Ph.D yang juga mewakili Dekan FK UIN SH Jakarta sekaligus pembina USMR Dr. dr. Achmad Zaki, M.Epid, Sp.OT, FICS. Pada hari pertama ini diisi dengan penyampaian materi ‘Basic Surgical Skill” oleh Anas Bakhtiar, S.Ked. dilanjutkan sesi praktek dan penyerahan sertifikat penghargaan. 


Pada hari kedua, 11 Oktober 2023 diisi dengan penyampaian materi dari dua narasumber. Materi pertama mengenai “Kegawatdaruratan Sistem Respi dan KV” oleh dr. Ugi sugiri,Sp.EM  dan materi resusitasi syok oleh dr. Robby franata sitepu. Antusias Angti  sangat tinggi karena penyampaian materi sangat seru karena di sela- sela penyampaian materi diselingi dengan tanya jawab.


Pada hari ketiga, 18 Oktober 2023 diisi dengan penyampaian materi luka bakar oleh dr. Tara Joesoef, Sp. BP-RE. penyempaian materi diiringi dengan beberapa kasus luka bakar yang nantinya jelaskan oleh Angti tentang tatalaksana luka bakar. contoh kasus luka bakar seperti luka bakar kimia, luka bakar listrik, luka bakar mayor dan juga luka bakar pada anak 


Pada 23 oktober 2023, Angti XVII mengikut ujian DIKJANG terlaksana dengan tenang dalam menjawab soal DIKJANG. 

"Jika kamu tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan pahitnya kebodohan" -Imam Syafii


#USMRSIAP! 

Pages